PAKET UMROH BULAN DESEMBER 2015
paket umroh hemat dan murah

Hikmah Umroh

Hikmah Umroh

paket umroh akhir tahun 2014 bekasi

Umroh merupakan perjalanan ibadah yang didamkan setiap muslim. Umroh mengandung banyak hikmah yang dapat diambil. Berikut Hikmah Umroh yang diambil dari ceramah Aa' Gym.

Hikmah pertama bagi setiap orang yang berangkat ke Baitullah adalah semangat untuk menyempurnakan ikhtiar dan juga tawakal. Tawakal bukan berarti tidak berikhtiar. Terbukti ketawakalan Siti Hajar diiringi dengan lari dan Shofa ke Marwa dalam upaya mencari solusi (air). Sehingga sesudah tujuh kali bolak balik muncullah sumur zam-zam di bawah telapak kaki nabi Ismail.

Namun, tawakal itu pekerjaan hati. Sementara tubuh punya kewajiban lain yaitu menyempurnakan ikhtiar. Tidak ada masalah jika hasilnya tidak cocok dengan keinginan kita. Yang penting kita terus berikhtiar, karena baik menurut kita belum tentu baik menurut Allah.

Amalan yang utama selama di Baitullah adalah Thawaf. Sedangkan Sa’I dilakukan dalam kaitan umrah dan haji. Dari Umrah ke umrah yang kita lakukan bisa  menggugurkan dosa. Kalau makin banyak thawaf maka itu lebih utama.

Tempat-tempat mustajab di Masjidil haram diantaranya adalah Multazam, yaitu antara hajar aswad dan pintu Ka’bah. Namun saying orang lebih banyak mencium hajar aswad dari pada berdoa di Multazam. Boleh boleh saja mencium hajar aswad, tapi usahakan jangan sampai menyakiti siapapun. Karena menyakiti orang lain berdosa sedangkan mencium Hajar Aswad hukumnya sunnah.

Mencium Hajar Aswad pun cukup sambil membaca Bismillahi Allahuakbar. Jangan sampai berlebih-lebihan dengan berdoa lama-lama. Pasrah sajalah, “Lahawla walakuata illabillah”. Karena Umar bin Khatab pernah berkata, andai saja rasul tidak mencium Hajar Aswad, beliau juga tidak akan mau menciumnya.

Setelah mencium Hajar Aswad dan berdoa di Multazam maka lakukan shalat sunat di Maqam Ibrahim. Namun, jangan memaksakan untuk sholat tepat di maqam Ibrahim. Jangan sampai gara-gara kita shalat di sana justru menghalangi orang yang sedang thawaf. Karena kepentingan pribadi, kita merugikan orang lain, itu namanya kezaliman. Oleh karena itu, mundurlah agak ke belakang, yang penting masih di wilayah Maqam Ibrahim. Sunnahnya, pada rakaat pertama bacalah surat al-Kafirun dan rakaat kedua surat al-ikhlas.

Beruntung kalau kita sempat shalat di Hijir Ismail, karena itu sama dengan shalat di dalam Ka’bah. Dan yang perlu diingat, tidak ada sunnahnya menciumi semua dinding Ka’bah. Ibadah itu adalah untuk memperbaiki diri kita, bukannya melakukan hal aneh-aneh yang tidak ada sunnahnya.

Setelah itu dilanjutkan dengan minum air zam-zam. Kalau bisa minum yang biasa, jangan minum yang dingin karena bisa jadi tenggorokannya meradang. Kemudian segera menuju bukit Shafa untuk memulai sa’i.

Setelah selesai menjalankan ibadah umraoh maka perbanyaklah itikaf di masjidil Harom, untuk itu, sebaiknya kebiasaaan tidur kita diperbaiki. Jadi, siang kita banyak beristirahat dan malamnya kita bangun untuk itikaf di masjid karena lebih sejuk dan agak leluasa.

Awalilah itikaf dengan berniat dan buat program ibadah yang jelas selama itikaf. Berdoapun harus ada skemanya, sehingga setiap keluarga dan saudara kita bisa dido’akan. Awalilah do’a dengan membaca Hamdalah, shalawat dan istighfar. Selain itu baru berdoa dan diakhiri lagi dengan shalawat. Selanjutnya perbanyaklah shalat sunat, thawaf dan wirid, terutama di daerah Multazam.

Wallahu alam bishowab.

paket umroh akhir tahun 2014 bekasi

Lihat artikel menarik lainnya : Perjuangan sang Ibunda

Support Online

Travel Jabal Rahmah
M. Maesuri / Sri Anjarwati
Email
mmaesuri@gmail.com
Telepon
0852 1529 7871
085 200 93 2033
Ponsel
0812 810 1891 (SMS)
0888 9933 153 (Whatsapp)
Facebook
muhammad.maesuri
Twitter
mmaesuri
Google+
u/0/109210936426127768766/posts
Website
http://travelumrohhaji.traveljabalrahmah.com
https://www.facebook.com/travelumrohhaji.jabalrahmah?ref=hl

Artikel Terbaru

Tips Melaksanakan Sholat Di Raudhah Bagi Wanita

Sabtu, 22 November 2014 | 11:35:53 am
biaya paket umroh murah akhir tahun 2014 bekasi Raudah menjadi salah satu tempat yang begitu ingin disinggahi oleh jamaah setiap menginjakkan kaki di Masjid Nabawi. Area Raudhah yang terbatas, membuat...
Read More

Tips Agar Tidak Tersesat Di Tanah Suci

Kamis, 20 November 2014 | 22:37:14 pm
biaya paket umrah murah akhir tahun 2014 bekasi Tersesat ketika berada di Tanah Suci adalah permasalahan yang cukup umum dan seringkali terjadi pada jamaah. Suasana yang baru dan berbeda dari...
Read More

Sekilas Sejarah Umroh

Kamis, 20 November 2014 | 21:43:23 pm
biaya paket umroh hemat desember 2014 bekasi Banyak orang tahu Umroh tapi tak banyak yang tahu sejarah Umroh itu sendiri. Artikel berikut akan menjelaskan sejarah singkat Umroh yang banyak dilaksanakan oleh...
Read More

Hikmah Umroh

Kamis, 20 November 2014 | 21:15:55 pm
paket umroh akhir tahun 2014 bekasi Umroh merupakan perjalanan ibadah yang didamkan setiap muslim. Umroh mengandung banyak hikmah yang dapat diambil. Berikut Hikmah Umroh yang diambil dari ceramah Aa' Gym. Hikmah pertama bagi...
Read More

Program Umroh Plus Istanbul

Sabtu, 8 November 2014 | 22:24:53 pm
biaya paket umroh hemat desember 2014 bekasi. Umroh sebagai ibadah bs dipadu dgn beberapa program wisata, antara lain umroh plus Istanbul (Turki) menjadi salah satu pilihan jamaah. Berikut itenerary paket...
Read More